Varia.id adalah situs Berita & Analisa Ekonomi Bisnis di Indonesia

Bisnis Kuliner Unik Modal Kecil di Bulan Puasa

0

Bisnis Kuliner Unik Modal Kecil – Bulan Puasa sering disebut sebagai bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Pada bulan Ramadhan ini semua umat muslim diseluruh dunia menjalankan kewajibannya ibadah puasa selama satu bulan penuh setiap hari di bulan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, lalu dilanjut pada malam harinya umat islam menjalankan ibadah sholat tarawih dan witir. Akan tetapi tidak hanya itu saja, dibulan yang penuh berkah ini anda bisa meraih untung dengan menjalankan bisnis kuliner baik itu makanan dan minuman pada bulan puasa.

Berkah bulan puasa sendiri tidak hanya untuk pahala, namun juga datang dalam bentuk rezeki yang melimpah pula. Rezeki bulan ramadhan begitu tampak terasa bagi anda yang bisa menganalisa kira kira bisnis apa yang akan tepat dijalankan di bulan puasa demi mendulang keuntungan dari bisnis tersebut.

Bisnis kuliner unik di bulan puasa merupakan salah satu jenis peluang usaha yang sangat laris dan mampu memberikan keuntungan yang besar di bulan puasa selain bisnis bidang fashion. Walaupun di bulan puasa ini kita tidak dibolehkan makan dan minum di siang hari tetapi tetap saja makanan menjadi hal yang paling sering di cari terutama untuk berbuka puasa ketika waktu magrib tiba, serta pada saat sahur juga. Dengan begitu peluang bisnis kuliner di bulan ramadhan memiliki peluang yang sangat tinggi meski hanya berjalan selama 30 hari.

Tips Memulai Bisnis Kuliner Unik Saat Bulan Puasa

Bisnis kuliner modal kecil pada saat memasuki bulan puasa banyak di buru oleh umat islam yang ingin membatalkan puasanya pada saat berbuka puasa. Mulai siang hingga sore hari waktu akan menjelang berbuka puasa yaitu pada saat maghrib, para penjual berbagai jenis aneka makanan dan minuman segar berjejer dipinggir jalan atau sering biasa disebut pasar kaget, karena hal itu juga akan menyebabkan keramaian karena banyakna pembeli.

Bisnis Kuliner Unik Modal Kecil di Bulan Puasa yang Paling Laris
Ilustrasi Bisnis Kuliner di Bulan Puasa

Strategi Agar Jualan Laris Manis di Bulan Puasa

Sebelum kita membahas contoh bisnis kuliner apa saja yang memberikan keuntungan di bulan puasa, kita perlu mengetahui strategi membuka usaha. Karena mengingat usaha ini tidak selamanya dijalankan setiap hari seterusnya, hanya pada bulan puasa saja. Maka dari itu, anda bisa menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

Usaha kecil di bulan puasa memiliki banyak peminat, maka muncullah asumsi di tengah masyarakat bahwa sebagian dari mereka yang menjalankan bisnis tersebut pada waktu itu saja, belum begitu ahli dalam mengolah makanan yang lezat. Anda tentunya sudah sangat sering kali mengeluarkan uang untuk berbelanja makanan atau takjil puasa untuk disantap bersama keluarga pada saat berbuka uasa. Akan tetapi tidak jarang kecewa dengan cita  rasa masakan yang tidak sesuai dengan keinginan ketika melihat kuliner-kuliner tersebut. Selanjutnya, berikut ini merupakan tips-tips yang dapat anda praktekkan dalam memulai usaha kuliner di bulan puasa agar tidak mendapatkan kerugian.

Memulai usaha kuliner sebelum memasuki bulan Ramadhan

Jika kita mampu menganalisis situasi dan kondisi yang terjadi tersebut, kita dapat mencari beberapa strategi agar bisa menjalankan bisnis kuliner unik dengan baik, dan dagangannya laku keras di bulan puasa. Strategi yang dimaksud yaitu memulai usaha kuliner anda sebelum atau menjelang bulan ramadhan tiba. Anda telah dapat memulai usaha kuliner satu bulan sebelum memasuki bulan puasa. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa lebih dahulu mengenal dan bisa menikmati atau mencoba rasa dari jajanan yang anda tawarkan.

Dengan demikian, pada saat memasuki bulan ramadhan, konsumen tidak ragu lagi untuk membeli dagangan anda tersebut. Maka dengan ini pula, anda sudah menang satu langkah lebih maju dibandingkan dengan para pesaing usaha anda yang sejenis.

Memahami cara promosi yang baik agar dagangan laku di bulan Ramadhan

Umumnya pasar ramadhan yang hanya buka pada saat memasuki bulan puasa saja, sehingga lokasi berjualan yang strategis masih belum tersedia. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, salah satu strategi lain yaitu promosi, bisa menjadi solusi yang tepat sekali. Promosi bisa dilakukan dengan mengenalkan dagangan melalui social media.

Anda dapat menjalankan usaha dengan system pesan antar. Disini anda hanya bertugas untuk membuat masakan atau takjil sesuai dengan pesanan, serta sanggup mengantar ke rumah pemesan. Selain itu, system delivery order ini sangat cocok sekali diterapkan di kawasan perkotaan walaupun banyak pebisnis rumahan yang sudah melakukannya di daerah demi memperoleh pelanggan. Kenapa di perkotaan? Alasannya yaitu mengingat mayoritas penduduk kota yang semakin sibuk dengan urusan mereka sendiri.

Contoh Bisnis Kuliner Modal Kecil di Bulan Puasa

Sesungguhnya makanan dan minuman apapun yang menyegarkan pasti akan laku keras di bulan puasa. Terutama makanan manis yang tersedia siap disantap pada saat menjelang maghrib atau berbuka. Lalu lalang keramaian manusia baik berjalan kaki maupun menggunakan sepeda motor dan mobil melewati di atas aspal jalan untuk mencari masakan takjil dan menu buka puasa. Berjejer para penjual masakan di bulan puasa juga ramai berlomba-lomba menarik konsumen.

Di Indonesia, bermacam-macam makanan manis yang menjadi ciri khas untuk dihidangkan pada saat buka puasa seperti kolak pisang atau bubur biji salak. Selain itu, ada candil yang memiliki rasa manis dan gurih dengan ditambahi santan. Tidak hanya gula dan santan saja, ada pula makanan manis yang memanfaatkan susu sebagai salah satu bahan utamanya. Tidak hanya menyehatkan , susu dapat membuat anda kembali segar dan bertenaga kembali.

Langsung saja kepada inti pembahasan, berikut adalah contoh-contoh bisnis kuliner modal kecil di bulan puasa yang dapat anda terapkan:

Menjual Kurma

Buah yang berasal dari Tanah Suci ini sangat disukai oleh umat muslim, terutama pada bulan ramadhan. Hal ini dikarenakan, kurma menjadi salah satu menu pilihan yang sering dijumpai di bulan puasa untuk berbuka. Sebagai makanan yang sering di sebut sebagai makanan yang di sunnahkan Rasulullah untuk dimakan saat berbuka puasa, rasanya yang manis memang sangat cocok sekali dinikmati pada saat berbuka puasa. Disamping itu, kurma sendiri mengandung banyak gizi yang baik bagi tubuh kita.

Lebih singkatnya, tidak hanya menurut Rasulullah SAW yang menganjurkan makan kurma terlebih dahulu. Tetapi berdasarkan penelitian melalui laboratorium terkini bahwa kurma mengandung banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia, antara lain menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat, mencegah anemia, melancarkan system pencernaan, mempertahankan kesehatan mata, mengantisispasi terjadinya penyakit jantung coroner, serta masih banyak lagi yang lainnya. Hal inilah yang menjadikan kurma sebagai aneka jajanan bulan puasa yang terlaris sampai saat modern ini.

Tingginya permintaan buah kurma pada bulan ramadhan tentu menjadi peluang usaha yang lebar bagi anda yang ingin membuat usaha kuliner di bulan puasa. Maka dari itu, inilah kesempatan bagi anda untuk mengambil keuntungan di bulan yang penuh berkah ini.

Menjual Aneka Macam Kue

Bermacam-macam kue buatan rumahan yang dijual masyarakat di bulan puasa. Usaha berjualan kue ini, baik itu kue kering maupun kue basah, banyak dijalankan oleh ibu rumah tangga. Padahal mereka awalnya tidak pernah menjual kue, namun pada bulan uasa mereka ikut berjualan. Tidak heran apabila ramai ibu-ibu yang berjualan kue rumahan dipinggir jalan. Para ibu rumah tangga tidak ingin ketinggalan untuk memanfaatkan peluang besar di bulan suci penuh berkah untuk mencari penghasilan tambahan.

Selain itu, meskipun masih bulan puasa, umumnya kebanyakan orang lebih suka memesan kue kering untuk lebaran pada jauh jauh hari, seperti 2 minggu sebelum lebaran. Kue kering yang sangat beragam sekali jenis dan bentuknya, dapat anda cari referensinya di internet. Selanjutnya, untuk kemasan kue kering, ada 2 tipe pembeli, yang pertama, pembeli ingin mendapatkan langsung kue yang memiliki kemasan siap di sajikan, dan yang kedua pembeli hanya butuh kue saja tidak membutuhkan kemasan yang menarik. Ini artinya, anda bisa mempunyai 2 jenis dagangan sekaligus untuk jajanan kue kering.

Menjual Minuman Dingin

Berbuka dengan yang dingin-dingin menjadi idaman bagi umat yang menjalankannya. Hal ini sangat menyegarkan setelah seharian penuh menahan rasa haus selama menunaikan ibadah puasa. Tidak heran jika penjual minuman dingin banyak dikerumuni oleh masyarakat yang sedang menjalankan puasa. Minuman dingin seperti es campus, jus buah, es sirup dan yang lainnya memang sangat pas dijadikan pendamping menu berbuka puasa.

Minuman dingin seperti es buah menjadi incaran para muslim yang ingin berbuka puasa dengan yang segar-segar dan menyehatkan. Meskipun terlihat cara membuat es buah itu mudah, namun banyak orang memilih untuk membeli saja. Untuk tempat usahanya, pelaku usaha bisa mendirikan stand di dekat di jalan raya atau bisa juga teras rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk sewa tempat.

Menjual Kolak

Kuliner selanjutnya yang sering dijumpai saat menjelang buka puasa adalah kolak. Makanan yang rasanya manis merupakan makanan yang digemari banyak orang sebagai menu takjil. Kolak yang disajikan bisa berbagai macam jenisnya seperti kolak pisang, kolak ubi jalar, kolak singkong, kolak kolang kaling dan lain sebagainya.

Berjualan kolak sendiri sangat menguntungkan karena pada bulan puasa sangat laris dan diburu oleh konsumen yang melaksanakan puasa. Anda sendiri bisa saja mencoba bisnis kuliner ini.

Menjual Lauk Pauk dan Aneka Sayur

Bisnis kuliner selanjutnya yang patut anda coba pada bulan puasa adalah dengan menjual masakan seperti lauk pauk serta aneka sayuran untuk makan beratnya. Banyak sekarang ibu rumah tangga atau anak kost-kostan yang malas memasak atau lebih mengirit pengeluaran langsung membeli lauk atau sayurnya saja. Selain itu banyak orang sekarang yang lebih memilih cara yang praktis untuk memenuhi kebutuhannya. Jika hanya membeli lauk atau sayur saja sementara yang lain seperti memasak nasi dapat dilakukan sendiri, tentunya bisa menekan biaya pengeluaran mereka. Hal ini juga dapat menjadi referensi bagi anda.

Menjual Aneka Macam Gorengan

Di bulan puasa makanan yang mungkin paling di cari juga tidak hanya kue rumahan saja, misalnya saja sekarang adalah aneka cemilan dan gorengan. Makanan ini biasa di santap setelah berbuka puasa sambil bersantai dan menunggu waktu isya tiba. Banyak sekali sekarang aneka cemilan dan gorengan yang bisa anda perjualkan. Seperti pisang goreng, bakwan dan molen. Selain itu masih banyak contoh lainnya, silahkan anda cari tahu sendiri.

Itulah bisnis kuliner yang paling laris dijalankan pada saat bulan puasa. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi dalam bisnis anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.