Take a fresh look at your lifestyle.

7 cara untuk mengobati bayi kembung

0

Bayi dengan kembung bukanlah penyakit medis tapi merupakan gejala disfungsi usus. Situasi ini biasanya tidak berbahaya. Ada beberapa solusi sederhana yang harus Anda lakukan di rumah untuk memperbaiki dan membantu bayi Anda merasa lebih baik

Apa yang harus dilakukan saat bayi kembung?

Terkadang anak Anda mungkin membengkak dan mereka biasanya akan pulih dari waktu singkat. Namun, jika ketidaknyamanan perut yang berkepanjangan menyebabkan anak Anda merasa tidak nyaman atau jika anak Anda secara teratur mengalami masalah ini, beberapa tip berikut dapat memperbaiki situasi secara dramatis:

7 cara untuk mengobati bayi kembung

  1. Orientasi menyusui

Jika bayi Anda menyusui, pastikan sudut bayi sekitar 45 derajat, dan kepala dan mulut lebih tinggi dari pada perut.

Jika bayi Anda menggunakan susu formula dan botol, jaga agar bayi tetap miring pada sudut 45 derajat tapi tetap tutup mulut botolnya. Tujuan utamanya adalah menjaga udara di daerah puting agar tidak membatasi udara ke perut.

  1. Dorong bersendawa

Bersendawa bisa membantu menghilangkan udara di perut ke luar, yang bermanfaat dalam semua kasus dan terutama saat perut bayi terganggu.

CARA UNTUK:

Pegang bayi secara vertikal dengan area kepala diperas di satu sisi bahu Anda.

Berjalan perlahan di sekitar rumah selama sekitar 5-10 menit. Ini adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk udara di dalam perut untuk membangun dan membakar.

  1. Simpanlah makanan dengan benar

Jika bayi Anda terus mengalami kembung, cobalah memperpendek selang waktu antara menyusui dan mengurangi jumlah susu per makanan.

Misalnya, jika Anda menyusui setiap dua jam dan setiap 30 menit, coba sesuaikan satu jam sekali dan hanya 10 sampai 15 menit.

Bahkan jika Anda memberi makan bayi dengan cara menggugurkan kehamilan Anda dengan benar, bayi Anda mungkin sakit perut karena gas dapat diproduksi di susu ibu, dalam makanan atau oleh aktivitas sistem pencernaan yang tidak tepat. tidak efektif

Jika Anda merasa bayi Anda sakit perut tapi tidak makan dengan cara yang salah, maka cobalah beberapa perawatan sederhana di bawah ini.

  1. Bantu bersendawa Anda

Bayi berbaring telungkup, dengan tangan diletakkan di perut bayi.

Sekarang, tepuk punggung bawah bayi dengan cara menggugurkan kandungan alami Anda selama sekitar satu menit. Ini memberi tekanan pada perut, yang pada gilirannya mengalihkan tekanan ke saluran pencernaan untuk memaksa udara masuk keluar.

  1. Letakkan bayi Anda di punggungnya dan bukan berbaring telentang

Cobalah berbaring miring dan miringkan kepala ke samping agar tidak bernafas. Menempatkan wajah juga meningkatkan tekanan alami pada perut untuk mendorong udara keluar melalui mulut atau anus.

  1. Pijat perut untuk bayi

Pijat perut lembut juga meningkatkan pergerakan lambung dan usus sehingga sistem pencernaan bayi bekerja lebih baik.

Caranya:

Gunakan 3 jari untuk menekan bagian perut dengan ringan, tahan tekanan dan gerakkan jari ke arah searah jarum jam. Ulangi beberapa kali terus menerus.

  1. Berikan bayi Anda “bersepeda”

Tempatkan bayi Anda di punggungnya, dengan lembut memegangi pergelangan kaki bayi dan membantunya bergerak seperti sedang berkuda. Hal ini efektif bila bayi mengalami kembung, yang juga dianggap sebagai pengobatan sembelit.

Jika semua metode tidak membantu masalah dan ketidaknyamanan benar-benar membuat bayi merasa tidak nyaman. Bawa anak Anda ke dokter. Bergantung pada situasi aktual, dokter mungkin meresepkan obat tambahan untuk memperbaiki ketidaknyamanan perut neonatal dengan lebih efektif.

Apakah bayi anda kembung? Apa yang kamu lakukan? Pertanyaan ini sudah di jawab di atas. Jangan lupa untuk berbagi dengan orang tua lainnya melalui diskusi di bawah ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.