Sutra Gelar Kompetisi Bola Sodok untuk Awak Media

Pertandingan billiard ini hanya menggunakan 7 bola, bukan 9 bola seperti biasanya. Karena keunikan aturan dalam kompetisi ini, tidak serta merta seorang atlet bisa memenangi pertandingan.


Para pemenang kompetisi Sutra OK 7 Balls Media Competition 2015 berpose bersama setelah pertandingan di Jakarta. Penyelenggaraan tahun ini khusus digelar untuk awak media dengan hadiah yang terbesar di Indonesia. (Foto: Sutra OK/ Sutra Kondom)

VARIA.id, Jakarta – Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan sekaligus membidik target pasar untuk produk barunya. Salah satunya, melalui kegiatan kompetisi atau pertandingan.

Apalagi lagi jika dalam pertandingan berbau promosi tersebut melibatkan awak media sebagai peserta pertandingan. Hasilnya, akan banyak terpublikasi dengan ‘cuma-cuma’.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, begitu pepatah mengatakan.

Kejelian ini yang rupanya dilakukan oleh Brand Manager Sutra Kondom, Daniel Tirta. Akhir pekan lalu, Kondom Sutra menggelar acara pertandingan Billiard Bola 7 antarawak media.

Pertandiangan ini, sekaligus ajang untuk memperkenalkan produk terbaru dari Sutra Kondom, yakni Sutra OK.

Menurut Daniel, penyelenggaraan pertandingan ini menunjukkan bahwa Kondom Sutra peduli akan pembinaan atlet-atlet muda Indonesia, khususnya cabang olahraga billiard.

“Kenapa memilih billiard dan kenapa 7 bola? Kami memiliki alasan tersendiri,” ujar Daniel, dalam rilis yang diterima VARIA.id, di Jakarta, Senin 8 Juni 2015.

Daniel mengatakan, Sutra OK identik dengan laki-laki sebagai target pasarnya. Sementara olahraga billiard ini dianggap cocok untuk merepresentasikan target pasar Sutra OK.

“7 Bola dipilih karena keunikan dari permainan ini, di mana ada beberapa peraturan yang tidak kita jumpai di permainan billiard 9 bola atau 8 bola ada di sini,” ujarnya.

Daniel mengklaim, Sutra OK merupakan penggagas pertama kompetisi billiard menggunakan 7 bola di Indonesia dan ke-2 di dunia setelah Inggris.

 

Keunikan kompetisi

Kompetisi Billiard 7 Balls ini, menurut Daniel, sudah memasuki tahun pengelenggaraan yang ke-5.

Kegiatan ini dimulai pada tahun 2011 di dua kota, tahun 2012 menjadi tiga kota, tahun 2013 bertambah menjadi empat kota, dan tahun 2014 di kota di Indonesia.

“Di setiap tahun penyelenggaraannya, animo peserta di setiap kota yang kami datangi semakin bertambah,” ujarnya.

Menurut Daniel, antusiasme peserta ini bukti bahwa permainan Billiard 7 Bola mulai diterima di masyarakat Indonesia. Peserta yang mengikuti Kompetisi 7 Bola ini bervariasi dari mahasiswa, masyarakat umum dan altet junior dan lokal.

Karena keunikan dari kompetisi ini, tidak serta merta seorang atlet bisa memenangi pertandingan ini.

“Untuk tahun ini, 2015, Sutra 7 Balls Competition diadakan khusus dengan peserta para rekan media baik cetak, online, maupun televisi,” kata Daniel.

Selain itu, Daniel mengklaim, Sutra 7 Balls Competition 2015 merupakan kompetisi billiard untuk media dengan hadiah yang terbesar di Indonesia.

Peserta yang berpartisipasi dalam pertandingan ini berjumlah 55 orang dari 32 media. Setelah sehari para peserta ini bertanding, yang terpilih masuk ke babak delapan besar dari berbagai awak media.

Adapun pemenang Sutra OK 7 Balls Media Competition 2015, antara lain juara 1 Muklis Efendi dari Metro TV, juara 2 Asriel B dari RCTI, juara 3 Yosef Iskandar Agung, juara 4 Ridwan I dari The Jakarta Post, juara 5 Erwan Y dari ANTV, juara 6 Julianto dari BUMN Insight, juara 7 Fetrani dari Jak TV, dan juara 8 Albert V Dian S dari Kontan.

“Kami berharap, ke depan dunia olahraga billiard semakin maju di Indonesia, karena di beberapa tahun belakangan ini penyelenggaraan kompetisi-kompetisi sejenis agak berkurang,” kata Daniel.*

 

Editor: Chairul Akhmad

 

 

Penulis
Tags ,

*

Top