Lenggak-lenggok Indonesia Fashion Week 2015

Pelaksanaan Indonesia Fashion Week adalah untuk mengeksplorasi warisan Indonesia dan standarisasi sumber kreatif Indonesia. Mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat dunia untuk bidang fesyen.


 

VARIA.id, Jakarta – Perhelatan akbar tahunan fesyen, Indonesia Fashion Week 2015 untuk yang keempat kalinya berlangsung pada 26 Februari – 1 Maret 2015 di Jakarta Convention Center. Pelaksanaan tahun ini mengambil tema Fashionable People Sustainable Planet. Acara yang digagas oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mengklaim sebagai sebuah gerakan fesyen. Gagasan besar penyelenggaraan ini adalah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat dunia di bidang fesyen.

Ide pelaksanaan Indonesia Fashion Week juga dipertajam melalui kesepakatan cetak biru ekonomi kreatif bidang fesyen yang dilakukan oleh APPMI dengan empat kementerian; Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi dan Usaha kecil dan Menengah.

Indonesia Fashion Week 2015 menampilkan fashion show, bazar, talkshow serta seminar seputar industri fesyen. Dan ada sekitar 747 merek, 2.522 pakaian dan 230 desainer lokal serta internasional yang berpartisipasi memeriahkan Indonesia Fashion Week kali ini.

Salah satu fashion show yang ditampilkan pada Indonesia Fashion Week 2015 adalah koleksi rancangan busana Ivan Gunawan. Mengusung tema Thalassa, yang bermakna laut, digambarkan sebagai perempuan cantik yang menjadi ibu bagi mahluk-mahluk samudera dalam berbagai literatur tentang dewa-dewi Yunani.

Dari makna tersebut terciptalah 26 rancangan busana yang dibawakan oleh 20 model perempuan dan 6 laki-laki untuk mempresentasikan Thalassa. Pada koleksinya, Ivan Gunawan mengadopsi detil-detil kecil yang berkenaan dengan laut dan mengejawantahkannya dalam berbagai rupa.*

Konten Terkait

*

Top